1.LATAR BELAKANG.
Beliau (Ibnu
Sina) dilahirkan pada tahun 370H bersamaan 950M, sebagaimana dinyatakan oleh Muhammad Muhieth Tabataba’i, walaupun terdapat 3 lagi
pendapat lain tentang tarikh kelahiran beliau.(Ibid). Tempat lahir beliau adalah Isfahan atau Asfahan
yang berdekatan dengan kampung halaman ibunya, Bukhara di Turkistan yang kini
dikenal sebagai Uzbeskitan di dalam Republik Soviet Russia.
Ketika beliau
dilahirkan, Bukhara merupakan sebuah ibu kota dan pusat perkembangan ilmu bagi
dinasti Samanid yang memerintah sebahagian besar dari Parsi Timur di
Khurasan dan Transoxiana. (Ismail : 1985, Nasr : 1992 & & TheEncylopedia
of Islam : 1979).
Bapaknya adalah seorang Gubenur yang
berasal dari Balkh yang berpindah ke Bukhara dan berdarah Turki. Sementara
ibunya bernama Istarah atau Sitara yang berarti bintang dalam bahasa Turki
adalah berdarah keturunan Afghanistan.
Beliau mempunyai seorang saudara
lelaki yang diberi nama Mahmud yang digelar Abu al-Harith. (Zainal : 1974). Beliau meninggal dunia pada tahun tahun 428H/1037H
di Hamadhan ketika berusia 57 tahun.
Banyak pendapat yang menyebut bahwa
puncak kematian beliau karena penyakit dalam perut dan gangguan politik
yang berterusan dan beliau telah diracun
oleh pihak musuh yang tidak menyenanginya. (Nasr : 1992 & Zainal : 1974).
Berdasarkan autobiografi yang telah
dilengkapkan oleh sahabatnya al-Juzjani yang juga merupakan setia usaha dan juru tulisnya, nama yang sebenarnya beliau
adalah Abu Ali Hussein Ibnu Abdullah Ibnu Sina (The Encylopedia of Islam
: 1997).
Namun beliau lebih dikenal sebagai Ibnu Sina dalam dunia Islam dan Arab,
sementara dunia Eropah pula menggelarkan
sebagai ‘Avicienna’ dalam bahasa
Latin yang berasal dari ‘Aven
Sina’ dalam bahasa Hebrew atau Ibrani (Zainal : 1974). Selain itu beliau
juga digelar
Putera Perubatan, dan Sheikh al-Rais atau Hujjat al- Haqq
dikalangan penuntutnya. (Nasr :1992).
2.PENDIDIKAN
& GURU IBNU SINA.
Orang yang paling
banyak berperan memberikan dukungan
dalam pendidikan beliau adalah bapaknya. Sejak awal, diusia 5 tahun beliau telah diberi pendidikan tentang
Al-Quran dan ilmu-ilmu agama lain seperti
tafsir, fiqh, tasawwuf dan lain-lain, malahan beliau telah mampu menghafal
Al-Quran dan menguasai ilmu-ilmu tersebut ketika berumur 10 tahun.
Pada usia muda
itu juga beliau telah dapat menguasai dan memahami nahu, kesusasteraan,ilmu
kalam dan falsafah. (Nasr : 1992 dan Zainal:1974). Melihat kepada kecerdikan dan kepantasan beliau menguasai dan memahami
ilmu-ilmu tersebut, bapak beliau telah menghantarnya untuk mempelajari
aritmetik dari seorang penjual sayur yaitu satu-satunya orang yang
boleh mengajar beliau ilmu tersebut.
Selain itu, Ibnu Sina juga pernah
mempelajari ilmu akhlak, tasawwuf, ilmu Feqh dari Ismail al-Zahid dan ilmu
Matematik dari seseorang ahli matematik terkenal yaitu Abu
Abdullah al-Natili yang juga pegawai bapaknya, di samping beberapa ilmu lain seperti
Almagest,Elements karya Euclid dan sedikit ilmu logik.
Ibnu Sina telah dapat menguasai
ilmu-ilmu tersebut dengan lebih mendalam mengatasi gurunya sendiri. (Ibid). Seterusnya di bawah bimbingan Abu Sahl Isa Yahya
al-Masihi al-Jurjani, beliau telah belajar tentang ilmu fizik, metafizik
dan perubatan. Selain al- Jurjani ada kemungkinan yang menyatakan beliau juga
telah mempelajari semua subjek-subjek tersebut dengan Abu Mansur Hassan Ibnu
Nuh al-Qamari.(Nasr : 1992).
Kemampuan
beliau menguasai semua ilmu yang terdapat dalam
zamannya telah membuatkan Ibnu Sina dikenal sebagai ahli atau pakar fizik
walaupun masih muda.(Ibid). Menurut Muhammad Muheith Tabataba’I, seorang
penasihat kebudayaan bagi kedutaan Iran
(dahulu), Ibnu Sina juga pernah berguru dengan Abu Bakar al-Khawarizmi dan menjadi juru tulisnya bagi buku yang bertajuk
‘Dewan’. Ketika itu beliau baru berusia 6 tahun. (Zainal : 1974).
Sementara itu Ibnu Sina juga
mengiktiraf al-Farabi sebagai gurunya apabila telah Berjaya menyelesaikan kekusutan yang dialami setelah
membaca buku tulisan sarjana tersebut.Kesukaran
tersebut bermula apabila beliau tidak dapat memahami buku metafizik Aristotle
yang telah dibacanya sebanyak 40 kali.(Nasr : 1992).Di samping itu, beliau juga telah menggunakan sepenuhnya
peluang yang
ada untuk membaca dan mengkaji
buku-buku yang terdapat di dalam perpustakaan istana Nuh Bin Mansur.
Apabila beliau dibenarkan menggunakannya setelah berjaya merawat pemerintah tersebut.
3.SUMBANGAN
& KARYANYA.
Selama hayatnya, Ibnu Sina telah
menghasilkan karya sebanyak 456 buah buku, malah
mampu menulis hampir 7 buah buku setahun dan telah menghasilkan buku pertamanya
ketika berusia 21 tahun. ( Ismail : 1985) Sepanjang waktu itulah beliau telah membaca, mengkaji dan menulis seberapa banyak
ilmu dalam pelbagai bidang.
Kebanyakan dari
buku-buku karangannya ditulis dalam bahasa Arab sementara sebahagian yang lain dalam bahasa Parsi. (Taha : 1992).
Meskipun di
antara buku-buku tersebut ada yang hilang, 276 buah daripadanya beserta
risalah-risalah lain masih ada hingga ke hari ini di universiti di
serata dunia, sama ada di Eropah seperti London, Parsi,Leiden, Berlin, Madrid,
Vatikan (Rom), Leningrad (Russia) atau Asia di Kaherah Mesir,Istanbul Turki,
Taheran dan lain-lain lagi. (Zainal : 1974).
Menurut Seyyed Hussien Nasr (1992), kebanyakan
buku-buku tulisan Ibnu Sina meliputi berbagai
bidang seperti falsafah, sains dan agama namun masih
boleh
dibahagikan kepada 4 kategori yaitu falsafah,
agama, kosmologi, fizik, naratif simbolis serta metafisik.
Diantara karyanya yang terpenting
adalah :
1. Al.
Syifa, latinnya sanatio (penyembuhan), ensiklopedi yang terdiri dari 18 jilid
mengenai
fisika,
matematika, dan metafisika. Kitab ini
ditulis pada waktu menjadi Menteri Syams
al-
Daulah dan selesai masa ‘Ala’u al-Daulah di Isfahan.
2. Al-Najah
Salus (Penyelamat) dari al-Syifa,
3. Al-Isyarah
wa al-Tanbihah (isyaratr dan peringatan), mengenai logika dan Hikmah.
4. Al-Qanun
fi al-Thibb, enciklopidi medis dan setelah diterjemahkan kedalam bahasa latin
menjadi
buku pedoman pada Universitas-universitas di Eropa sampai abad XVII.
5. Al-Hikmah
al-Arudiyyah.
6. Hidayah
al-Rais li al-Amir.
7. Risalah
fi al-Kalam ala al-Nfs al-Nathiqiyah, dan
8. Al-
Mathihiq al-Masyriqiyyin (Logika Timur).
4. SEKOLAH IBNU SINA.
Sekolah Ibnu Sina yang muncul di Persia, sangat bertentangan dengan
sekolah di Baghdad. Yang pertama meremehkan pandangan-pandangan dan
penafsiran-penafsiran yang kedua, juga mengkritik para pemimpinnya, kecuali
al-Farabi.
Sekolah al-Farabi adalah satu sekolah di Baghdad, dan dikenal dengan
nama Sekolah Baghdad. Kegemilangannya banyak berasal dari orang-orang Nasrani,
mulai dari Abu Basyar Matta dan Yuhana Bin Hailan. Puncaknya adalah al-Farabi
dan muridnya Yahya bin ‘Uday. Sekolah al-Farabi sangat bertentangan dengan
sekolah al-Kindi, baik metode maupun objeknya.
Dalam kitab Mabâhitsât, (lih. Aristhu ‘Inda al-Arab, karya Abd
al-Rahman Badawi, hal. 120-22) Ibnu Sina berkata: “…manusia berbeda pendapat
tentang persoalan jiwa dan akal. Mereka bodoh tentang hal itu, apalagi
orang-orang Nasrani dari kota Salam”. Kota salam adalah Baghdad.
Kemudian Ibnu Sina berbicara tentang pokok pandangannya mengenai jiwa
dan akal dan persoalan-persoalan lain. Ia mengatakan bahwa kitabnya al-Syifâ’,
dapat menghilangkan keraguan mengenai hal itu dan sekaligus memberikan solusi
terhadap persoalan jiwa dan akal. Ibnu Sina juga mengarang satu kitab yang
berjudul al-Inshâf, di mana ia membagi ulama menjadi dua; Kelompok Masyriqi
(ulama-ulama Persia) dana Kelompok Maghribi (ulama-ulama Syam dan Baghdad).
8.
Ibnu Sina mengemukakan perbedaan antara kedua kelompok dengan sangat
netral. Di buku tersebut Ibnu Sina berbicara tentang “Teologia” Aristoteles. Ia
juga menyinggung kekacauan pikiran para penafsir.
Akan tetapi dalam suatu penaklukan (peperangan), buku ini kemudian
menghilang. Seperti dikatakan oleh Ibnu Sina, buku itu “berisi tentang
ringkasan kelemahan dan kebodohan orang-orang Baghdad”.
Akan tetapi ia mengecualikan sang guru kedua (al-Farabi) dari kedunguan
dan kebodohan itu. Ibnu Sina telah mewariskan kita catatannya sendiri tentang
riwayat hidupnya, yang kemudian disempurnakan oleh muridnya, Abu ‘Ubaid
al-Juzjani.
Dengan begitu, mudahlah kita mengetahui detail kehidupan ilmiahnya,
caranya mengajar dan bagaimana ia mencurahkan hidupnya untuk majlis ta’lîm
(majlis pengajaran).
Dialah Syeikh Kepala, Abu Ali al-Husain ibn Abdullah ibn al-Husain ibn
Ali bin Sina. “Syeikh”, menunjukkan bahwa ia adalah seorang yang sangat tinggi
ilmunya, sedangkan “Kepala”, boleh jadi karena ia mengepalai suatu departemen,
akan tetapi yang paling umum adalah bahwa gelar tersebut menunjukkan Ibnu Sina
adalah pemimpin para filosof.
Ayahnya sering berkumpul dengan da’i dari kelompok Isma’iliyah. Dari
sana Ibnu Sina mendengar pembicaraan tentang jiwa, akal, filsafat dan teknik.
Kemudian ia mempelajari ilmu
hitung India dari seorang penjual kol. Ia juga mempelajari mantiq, astronomi
dan kedokteran.
Kemudian ia kembali mempelajari ilmu-ilmu filsafat secara otodidak.
Akhirnya ia membaca buku Metafisika-nya Aristoteles yang sama sekali ia tidak
dapat memahaminya sampai kemudian ia membeli buku al-Farabi yang menjelaskan
pokok-pokok dari buku tersebut, ia pun menjadi faham.
Ia bergaul dengan Nuh bin Manshur. Yang kedua ini mengagumi kecerdasan
yang disebut pertama. Ia pun memasukkan al-Farabi ke dalam perpustakaannya dan
mampu menghafal di luar kepala apa yang ada di sana.
Ibnu Sina berpindah-pindah di kota Persia sehingga ia sampai di kota
Jurjan di mana kemudian al-Juzjani menemuinya dan mendorongnya untuk menulis
buku. al-Juzjani mengabdi pada Ibnu Sina dengan penuh kesungguhan.
Di Jurjaan, Ibnu Sina dibelikan sebuah rumah oleh Abu Muhammad
al-Syirazi yang kemudian menempatkan Ibnu Sina di sana.
Al-Juzjani ikut tinggal bersama Ibnu Sina di rumah itu. Boleh jadi Ibnu
Sina menerima murid lain selain al-Juzjaani itu. Di tempat tersebut, Ibnu Sina
mendiktekan satu kitab berjudul al-Mabdâ wa al-Ma’âd, Awwal al-Qânûn dan banyak
risalah lainnya.
Ibnu Sina kemudian pindah ke Ray, di mana ia mengabdi kepada gubernur.
Kemudian ia pindah lagi ke Quzwain dan dari sana ia pindah ke Hamdan dan
berhubungan dengan Gubernur yang kemudian menugaskannya di sebuah Departemen.
Selama memegang jabatan di Departemen ini, ia mengarang dua buku
utamanya; al-Syifâ’ di bidang filsafat dan al-Qanûn di bidang kedokteran.
Al-Juzjani mendeskripsikan majlis Ibnu Sina: “setiap malam di rumahnya
berkumpul para penuntut ilmu.
Aku membaca sebagian dari kitab al-Qanûn, dan pelajar lain membaca
sebagian. Jika kami selesai belajar, datanglah panganan dan minuman untuk kami.
Kegiatan belajar dilakukan di
malam hari karena di siang hari sibuk mengabdi kepada Gubernur”. Biasanya Ibnu
Sina mendiktekan bukunya kepada muridnya, hanya kadang-kadang saja ia menulis
sendiri.”
Ketika muridnya bertambah banyak, reputasinya semakin bersinar.
“Gubernur ‘Ala’ al-daulah membuat program pengkajian setiap malam jum’at. Di
sana hadir semua kelompok ulama dan syeikh dari berbagai disiplin ilmu”.
Al-Juzjani tidak menyebutkan seorang pelajar pun dalam biograpi Ibnu
Sina yang ditulisnya, khususnya muridnya yang bernama Abu al-Hasan Bahmaniar
yang selalu mengikuti Ibnu Sina dalam majlis belajarnya ketika ia memegang
jabatan Menteri.
Al-Juzjani bercerita: “Aku dan sekelompok pelajar Ibnu Sina menghadiri
majlis belajarnya setiap sabtu pagi.
Tepat di pagi itu tampak oleh Syekh adanya kelesuan di wajah kami,
beliau lalu berkata: sepertinya kalian telah menghabiskan malam kalian dengan
sia-sia.
Kami pun berkata “benar”, kemarin kami bersama sekelompok teman
berekreasi, sehingga kami tak sempat menelaah pelajaran.
Mendengar hal itu, Syeikh menarik nafas panjang, air matanya berlinang,
sambil berujar: “Yang lebih aku sedihkan adalah seorang atlet yang memperoleh
puncak prestasinya sehingga membuat takjub dan kagum ribuan orang karena
prestasi fisiknya itu.
Akan tetapi kalian, dengan banyaknya pengetahuan yang kalian miliki,
sama sekali tidak mempunyai kedudukan dan nilai.
Kalian lebih memilih untuk bermain dari pada mencari ilmu, sehingga
kalian, dengan kemampuan spiritual kalian, tidak mampu memperoleh suatu kedudukan
spiritual yang membuat kagum orang-orang bodoh sepanjang zaman”.
Bahmaniar wafat pada tahun 458 H. Kitab terpenting yang dikarangnya
adalah al-Tahshîl di mana ia menjelaskan filsafat Ibnu sina.
Di antara murid Bahmaniar adalah Abu al-Abbas al-Lukriy, seorang ahli
ilmu hikmah. Dari dialah ilmu hikmah tersebar di Khurrasan.
Dari Abu al-Abbas belajarlah Afdhal al-Din al-Ghailaniy, dan dari
Ghailaniy belajarlah Shadruddin al-Sarkhasiy (w. 545 H), dan dari Sarkhasiy
belajarlah Farid al-Din al-Nisaburiy.
Yang terakhir ini adalah guru dari Nashr al-Din al-Thusi, murid
terakhir sekolah Ibnu Sina, pensyarah kitab al-Isyârât karya Ibnu Sina,
pembaharu pengajaran filsafat dan matematika dan pemilik kajian keilmuan tempat
berkumpulnya banyak pelajar-pelajar ilmu filsafat, teknik dan logika.
Al-Thusi wafat pada tahun 672 H, sekolah al-Thusiy berkembang dan memperoleh
puncaknya di tangan Mirdamad (1401 H) di Isfahan bersama murid-muridnya.
Apakah ajaran-ajaran Ibnu Sina itu?
Apakah ajaran-ajaran Ibnu Sina itu?
Ajaran-ajarannya adalah pengembangan dari pendapat-pendapat al-Farabi.
Namun Ibnu Sina mempunyai andil dengan penambahan ungkapan-ungkapan yang lebih
luas dan penjelasan-penjelaan yang lebih banyak.
5. PERIPATETIKE - FILSAFATNYA
IBNU SINA.
Ibnu Sina sendiri sebenarnya
lebih sebagai seorang dokter ketimbang sebagai seorang filosof. Bukunya
al-Qânûn fi al-Thibb menjadi rujukan dalam ilmu kedokteran di Eropa Latin
sampai awal abad XVIII M.
Filsafat Ibnu Sina terpengaruh oleh ilmu kedokterannya dalam
menciptakan metode eksperimental yang cermat.
Sedangkan dalam ilmu filsafat, bukunya yang berjudul al-Syifâ’ dianggap
sebagai sebuah ensiklopedia filsafat yang mencakup logika, ilmu alam,
matematika dan Ilahiyat, jika diukur dengan apa yang telah disusun oleh
Aristoteles atau oleh filsafat peripatetik.
Ibnu Sina telah mengikuti guru
pertama dan para pensyarahnya dengan menggabungkan berbagai pendapat dan
menyerasikannya.
Pengaruhnya dalam ilmu mantiq (logika) tidak dapat diingkari, dan tak
diragukan lagi bahwa ia bertanggung jawab atas tersebarnya ilmu mantiq dalam
bentuknya yang sekarang di dunia Arab.
Bukunya yang berjudul al-Bashâ’ir al-Nashîriyah dalam ilmu logika–yang
telah di-tahqiq (diedit) dan dipublikasikan oleh Muhammad Abduh sekaligus
mengajarkanya—diangap sebagai ringkasan inti dari pandangan-pandangan Ibnu
Sina.
Pengaruhnya dalam ilmu Ilahiyyat tidak kurang dibanding dalam ilmu logika.
Pengaruhnya dalam ilmu Ilahiyyat tidak kurang dibanding dalam ilmu logika.
Yang dimaksud dengan ilmu Ilahiyyat adalah apa yang kita namakan
sekarang dengan metafisika. Di sini ia berbicara tentang “yang wajib” atau
“yang wajib ada”, tentang kebersambungan “being”-“being” dari “yang wajib” itu,
juga tentang sebab-sebab.
“Yang wajib ada” adalah yang ketika diasumsikan tidak ada, maka akan
dikatakan mustahil.
“Yang mungkin ada” adalah apa yang jika diasumsikan ada atau tidak ada,
maka tidak dikatakan mustahil.
Di muka telah kita ketahui bahwa
Ibnu Sina telah mendeskripsikan Allah sebagai al-Haq (yang Maha benar),
sedangkan al-Farabi mendeskripsikanya sebagai al-Wahid (Yang Satu).
Di sini kita melihat pandangan Ibnu Sina yang bersifat eksistensialis
dan rasionalis. Allah adalah sesuatu yang wajib ada karena zat-Nya.
“Wajib” adalah konsep logika yang berlawanan dengan “mustahil” dan
ditengahi dengan “al-mumkin”. Al-Maujûd adalah batu sudut dalam filsafat
peripatetik (Aristoteles), sedangkan al-Wâhid adalah, seperti yang kita lihat,
berada di atas “al-wujûd” (being) dalam filsafat Plotinus.
Tegasnya perbedaan antara guru kedua (al-Farabi) dan syeikh kepala
(Ibnu Sina) adalah bahwa al-Farabi cenderung kepada Platonisme, sedangkan Ibnu Sina lebih condong kepada filsafat
peripatetik.
Ini bukanlah satu-satunya perbedaan antara kedua filosof ini dan kedua
mazhabnya, karena pada akhir hayatnya, Ibnu Sina menciptakan satu filsafat lain yang berbeda dengan filsafat
peripatetik. Ia menjelaskan hal itu dalam kitabnya al-Syifâ’ dan al-Najât.
Filsafat ini ia namakan filsafat ketimuran,
seperti tercermin dalam kitab “al-Isyârât”. Filsafat ketimuran ini bersifat
iluminatif dan sufistik.
Al-Ghazali (450-501 H) menulis kitab Tahâfut al-Falâsifah ketika ia melihat banyak pendapat Ibnu Sina yang membahayakan ajaran Islam.
Al-Ghazali (450-501 H) menulis kitab Tahâfut al-Falâsifah ketika ia melihat banyak pendapat Ibnu Sina yang membahayakan ajaran Islam.
Dalam kitab ini al-Ghazali mengkafirkan para filosof dalam 20 masalah,
terutama masalah qidam-nya alam, ketidaktahuan Allah terhadap hal-hal yang
partikular serta penolakan terhadap kebangkitan. Banyak tuduhan al-Ghazali yang
tidak beralasan.
Akhirnya filsafat diisolasi dan dimasukkan ke dalam ilmu kalam yang
kemudian dinamakan dengan ilmu tauhid. Wallahu a’lam.

No comments:
Post a Comment